Site Loader

Boyolali (27/11)—MTs Maarif Andong Boyolali merupakan lembaga pendidikan swasta yang berada dalam naungan yayasan Zumrotut Tholibin Andong Boyolali. MTs yang mempunyai program integrasi menggabungkan antara kurikulum formal dan informal berbasis pesantren ini termasuk dalam kualifikasi unggul dalam pemenuhan delapan standar nasional pendidikan, terbukti hasil akreditasi tahun 2017 tercatat di BAN S/M dengan peringkat A (unggul). MTs  Maarif Andong berada satu komplek dengan MA Al Azhar Andong Boyolali dan pondok pesantren Zumrotut Tholibin  Kacangan Andong. MTs ini memiliki siswa  sebanyak 836 siswa yang terdiri dari kelas VII sebanyak 306 siswa, kalas VIII sebanyak 294 siswa, dan kelas IX sebanyak 236 siswa. Guna memperdalam keilmuan agama dan menguatkan akhlak, sebagian besar siswa MTs Ma’arif Andong mengikuti pendidikan di pesantren Zumrotut Tholibin.

Pendidik MTs Ma’arif Andong sebanyak 30 orang guru, dua di antaranya  adalah guru PNS Kementerian Agama, dan memiliki tenaga kependidikan sebanyak 5  orang. Dua guru PNS Kemenag tersebut adalah Anisatuz Zuhdiyah, S. Pd dan Muttaqin, S. Pd. Anisatuz Zuhdiyah adalah guru Bimbingan Konseling lulusan Universits Negeri Yogyakarta tahun 1998. Anis mulai bekerja di MTs Maarif Andong tahun 2005, setelah diangkat menjadi PNS Kementerian Agama. Apabila dilihat dari beban Kerjanya Anis memiliki tanggung jawab sebanyak 530  siswa yaitu kelas 8 dan 9 secara keseluruhan, sehingga melebihi beban kerja yang dipersyatkan membina sebanyak 150 siswa. Guru BK untuk kelas 7 dipercayakan  kepada Auliyah Mawadati sebanyak 306 orang siswa. Sebagai guru BK tugas utama adalah memberikan layanan tentang konseling individu, sosial, belajar, dan konseling karir.

Di masa pandemi covid-19 ini Anis dan Auliyah menggunakan zoom untuk memberikan motivasi belajar tentang pentingnya mengikuti pembelajaran dari rumah. Dengan semangat prima Anis dan Auliyah berupaya melayani bimbingan secara maksimal, baik siswa yang memiliki ataupun tidak memiliki android. Anis dan Auliyah dengan sabar dan telaten melayani self counseling siswa-siswa MTs Ma’arif Andong. Bagi anak yang memiliki kesulitan belajar dengan sabar Anis melakukan bimbingan secara individu bahkan berupaya untuk bisa bertemu dengan orang tua secara luring dengan tatap muka di ruang BK MTs Maarif Andong Boyolali. Bahkan Duo BK ini  tak segan-segan mendatangi rumah siswa untuk memompa semangat siswa saat pembelajaran daring. Harapan Duo BK ini walaupun saat pandemi, MTs Ma’arif Andong tetap dinamis dalam proses pembelajaran. BK akan mengawal proses pembelajaran sampai titik darah penghabisan. BK akan memberikan yang terbaik untuk madrasah.

Sumber     : Sulaiman (Pengawas Madrasah Kab. Boyolali)

Editor         : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download