Site Loader

Kamis (26/11) dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madarasah (PKKM) MA NU 01 Banyuputih Tahun 2020. PKKM dilaksanakan di ruang kelas X Bahasa setempat. Penilaian ini merupakan penilaian tahun ke-2 pelaksanaan tugas dan fungsi kepala madrasah terkait usaha pengembangan madrasah, manajerial Madrasah, kewirausahaan, dan pelaksanaan supervisi pendidik dan tenaga kependidikan.

Penilaian Kinerja Kepala Madarasah (PKKM) MA NU 01 Banyuputih Tahun 2020 dilakukan langsung oleh tim penilai yaitu Pengawas Pembina sebagai Penilai 1 dan Pengawas yang ditunjuk oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang sebagai Penilai 2. Pada kesempatan PKKM ini Penilai 1 Hj. Minarsih, M. Pd. I dan Purwoto, M. Pd. I sebagai Penilai 2.  Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MA NU 01 Banyuputih, sambutan, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), refleksi kegiatan dan ditutup dengan do’a.

Kepala Madrasah Muhsin, M. Pd. I dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “hakikatnya kegiatan PKKM ini bukan hanya penilaian kepala madrasah saja, melainkan penilaian terhadap seluruh komponen madrasah baik unsur guru dan maupun tenaga kependidikan. Kami sudah menyiapkan secara maksimal, mohon bimbingan dan arahan dari tim penilai PKKM”, tutur  Mukhsin.

Mengawali sambutannya Minarsih menjelaskan bahwa, “PKKM ini merupakan bagian kegiatan penjaminan mutu pendidikan secara eksternal, dan PKKM ini merupakan embrio akreditasi. Apabila dalam PKKM semua bukti fisik telah dipenuhi, maka madrasah telah melaksanakan persiapan akreditasi dengan baik. Dengan PKKM administrasi madrasah akan tertib dan pendokumentasian pelaksanaan kegiatan madrasah dalam tahun itu akan tertata dengan rapi, sehingga ketika tiba saatnya untuk ajuan akreditasi madrasah akan siap mengikutinya”, jelas Minarsih.

Pelaksanaan PKKM berjalan sesuai perencanaan, seluruh indikator komponen tugas dan fungsi kepala madrasah dipotret secara utuh oleh kedua penilai. Pada sesi refleksi, masing-masing penilai memberikan kesimpulan dari hasil Penilaian yang dilakukan. Menurut Purwoto, “data yang dibutuhkan untuk dinilai hampir 99% lengkap. Beberapa catatan untuk penyempurnaan yaitu pada aspek Manajerial di bidang sarana dan prasarana tentang pengelolaan dan inventarisasi sarpras serta pendokumentasian surat keluar dan masuk. Di era digital saat ini hampir semua surat keluar masuk bersifat digital, sehingga membutuhkan digitalisasi arsip madrasah. Untuk mempertahankan nama besar MA NU 01 Banyuputih bukanlah pekerjaan ringan, namun jika dipikul bersama-sama akan terasa ringan”, pesan Purwoto kepada seluruh civitas akademika MA NU 01 Banyuputih.

Kemudian Refleksi Minarsih,”Penilaian PKKM ini telah dilaksanakan dengan baik dan sajian bukti fisik madrasah sangat memuaskan. Madrasah tinggal melengkapi beberapa catatan yang diberikan dan ditindaklanjuti dalam bentuk action. Inti dari PKKM dan akreditasi adalah apa yang anda tulis, kerjakan! Apa yang anda kerjakan, tulis!. Tulis planactionevaluation sebagai bentuk rangkaian pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi”, Terangnya.

Kemudian pada sesi penutup, kepala madrasah menyampaikan terimakasih yang mendalam kepada tim penilai dan seluruh civitas akademika MA NU 01 Banyuputih sehingga pelaksanaan PKKM berjalan dengan lancar dan khidmat. Semoga apa yang telah diusahakan dan dilaksanakan memperoleh hasil yang memuaskan dan bermanfaat untuk kemajuan madrasah.

Sumber                : Inayatun Nisa (Guru MA NU 01 Banyuputih)

Editor                    : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download