Site Loader

Sukoharjo – Guru Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (GUE PeDe Abis). Desy Lisnayanti, S.Pd, M.Pd.  adalah lulusan S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2000. Pilihan Pendidikan Luar Biasa dihujamkan sejak SD ketika adik kandungnya yang Retardasi Mental (RM) mengalami bully hampir setiap hari ,dijadikan bahan cemoohan sampai bulan – bulanan candaan yang kelewatan. Belum  lulus dari S1 PLB UNS, Desy sudah diminta untuk mengajar di BA Aisyiyah Sukoharjo hingga lulus S1.

Mimpi  mengabdikan diri untuk  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) senantiasa berkecamuk, Desy kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dari BA Aisyiyah Sukoharjo dan meneruskan S2 di Teknologi Pendidikan di Universitas yang sama, sisa waktu kuliah Desy gunakan untuk mengelola Bimbingan Belajar yang belajar bukan hanya anak – anak non ABK tapi juga ABK. Saat ujian tesis tiba, tiba pula jodoh Desy, adalah Karseno Handoyo seorang mantan karyawan pabrik yang saat ini menjadi Kepala Sekolah MIN 4 Sukoharjo. Bersama suaminyalah kemudin Desy mewujudkan mimpinya mendirikan sekolah untuk anak usia dini Raudhatul Athfal Zidni ilma dengan nama ini Desy dan suami berharap semua orang yang datang ke Zidni ilma akan Alloh tambahkan ilmu.

Awal berdiri Zidni ‘Ilma dengan  6 murid saja salah satu murid belum bisa bicara dengan kesabaran dan ketelatenan, Alhamdulillah murid yang delay wicara mengalami progres bisa bicara, senang luar biasa orang tua, nenek, hingga dari lisan keluarga ini tersiar kabar bahwa Zidni ‘Ilma mampu membuat murid yang delay wicara jadi bisa bicara. Di tahun berikutnya kembali hadir malaikat kecil dengan delay wicara dan tuna daksa, kaki dan tangan kaku, bisa berjalan dengan kaki X dan mudah jatuh, tangannya juga kaku untuk beraktivitas. Alhamdulillah dengan ketelatenan dan kesabaran sedikir sedikit ada progres bicara dan murid dengan Cerebal Palsy mulai bisa mempola huruf, meskipun ketika berlatih seringkali memukul- mukulkan tangan dan pensilnya sambil berteriak “Ya Alloh kok tanganku nggak sama dengan yang lain mudah menulis“ dada para guru pendamping berkecamuk bagaimana kami terus memohon kepada Alloh agar kami mampu memotivasi anak – anak spesial “. Tahun tahun berikutnya yang datang ke  Zidni  ‘Ilma semakin banyak dan beragam ada Kretin, Retardasi Mental, Autisme, ADHD yaitu attention deficite hiperaktiv disorder atau Gpph yaitu gangguan pemusatan perhatian.

Menerima ABK di Zidni ‘Ilma bukanlah tanpa halangan, banyak tantangan yang dihadapi. Awal tantangan justru hadir dari internal guru – guru. Para guru mengkhawatirkan jika nanti lama kelamaan sekolah akan menjadi SLB, pelan – pelan Desy menyampaikan kepada guru; “betapa mulianya kita peduli dengan ABK yang membutuhkan pendampingan belajar lebih. Hal yang biasa saja, jika kita mampu memintarkan anak pintar, tapi luar biasa kalau kita mampu menjadikan anak dengan kebutuhan khusus menjadi anak yang berprestasi, pastilah ada pahala yang luar biasa’ demikian ia memberikan motivasi pada guru.

Tantangan berikutnya adalah dari external yaitu dari orang tua non ABK yang tidak terima ketika anaknya ketakutan karena ada temannya yang bicara tidak jelas karena Delay wicara, atau tidak terima ketika tanpa sengaja kena pukul anak yang masih tantrum. Tidak putus asa, Desy bersama para guru rutin mengadakan parenting menghadirkan orangtua dengan putra special yang berprestasi, sekaligus para praktisi seperti dokter, terapis, pengelola sekolah inklusi  sehingga menambah motivasi bagi orang tua dengan putra special sekaligus memberi pengertian kepada orang tua yang masih belum paham dengan ABK. Alhamdulillah lambat laun orang tua memahami bahkan tumbuh rasa saling menyayangi. Tidak disia siakan Desy untuk semakin mempertebal kepedulian kepada ABK di Zidni ‘Ilma bersama tim guru membuat schedule untuk saling bantu anak non ABK dan ABK seperti membantu anak – anak berkebutuhan khusus memakaikan sepatu AFO, mendorong kursi roda, setiap hari anak anak berebut saling bantu.

Keberhasilannya membuat Desy seringkali diundang untuk berbicara di forum – forum parenting, menjadi dosen untuk mata kuliah anak berkebutuhan khusus di perguruan tinggi swasta.

Kampanye Desy berhasil bukan hanya untuk Zidni ‘Ilma tapi juga Nasional. Kampanye dituliskan dalam penelitiannya dan dikaryakan menjadi sebuah jurnal. Manajemen pengembangan kepedulian terhadap ABK. Atas karyanya itu, Desy mendapatkan penghargaan Kepala Sekolah berprestasi tingkat Nasional Tahun 2018 oleh Menteri Agama, Bapak Lukman Hakim Syaifudin.

Beberapa prestasi Desy selain menjadi kepala berprestasi adalah :

  1. Bintang Radio dan televisi kategori penyiar harapan 2 RRI Surakarta
  2. Juara Lomba II baca dan cipta Geguritan Tingkat Provinsi jawa tengah
  3. Juara Lomba mendongeng Berpasangan harapan II Tingkat Provinsi Jawa tengah
  4. Seringkali menjadi Juara 1 lomba membaca puisi maupun geguritan untuk event pameran buku di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo,Karesidenan Surakarta maupun Kabupaten Wonogiri.
  5. Juara I Guru dan Tenaga Kependidikan Tk Kab. Sukoharjo th 2018.
  6. Juara I Guru dan Tenaga Kependidikan Tk Prov. Jawa Tengah ta. 2018.
  7. Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Tk Nasional Th 2018.
Keseharian Desy di RA, Guru luar biasa kalau kita mampu menjadikan anak dengan kebutuhan khusus menjadi anak yang berprestasi

Tak hanya mengukir prestasi non akademik, Desy juga telah berhasil menulis karya ilmiah dan satra berupa buku antara lain;

  1. Komik Mahfudzot bersama Dandelion Publisher
  2. Fiksi Mini Rindu Bersama Dandelion Publisher
  3. Kumpulan Cerpen Serpihan Hati bersama Tim Nubar Jateng
  4. Novel Putraku Special Bersama Dandelion publisher
  5. Komik belajar peribahasa bersama Dandelion Publisher
  6. Kumpulan Puisi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Desy berharap akan banyak guru, orang tua yang peduli dengan anak anak berkebutuhan khusus, demikian harapannya menutup wawancar jarak jauh dengan penulis. (Editor-Idi Joko Sudono-Humas Pokjawas)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download