Site Loader

Grobogan (5/11)—Bertempat di RA IT Al Firdaus Purwodadi Kabupaten Grobogan Jl. Makam Pahlawan No.19, Kelompok Kerja Guru Raudhatul Athfal (KKG RA) I mengikuti Bimtek Implementasi Kurikulum (KMA 792) sosialisai E-Learning Jenjang RA selama 2 hari Rabu-Kamis, 4-5 November 2020.

Kegiatan ini sesuai dengan surat undangan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan dengan Nomor: 5873/Kk.11.15/2/PP.00/11/2020 yang ditujukan kepada Kepala RA se-Kab. Grobogan untuk menugaskan Guru RA mengikuti Bimtek Virtual (Zoom Meeting) selama 2 hari. Pelaksanaan Bimtek di Kab. Grobogan dilaksanakan di 4 titik. Titik I di RA Al Firdaus Purwodadi, Titik ke 2 dilaksanakan di RA Al Hikmah Palang Pojok, Titik ke 3 di BA Boloh, dan Titik ke 4 dilaksanakan di RA Assakinah Gubug.

Kegiatan di RA Al Firdaus Purwodadi diikuti oleh 42 guru dari 20 lembaga di Kelompok KKGRA I. Kegiatan diikuti dengan penuh semangat dan antusisme yang tinggi, walaupun tetap pada posisi saling menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Ketua Kelompok Kerja Kepala Rudhatul Athfal (K3RA) Kabupaten Grobogan Fitri Anggraeni, S.Pd mengatakan “Kegiatan Bimtek diselenggarakan untuk meningkatkan SDM yang unggul di Era Revolusi Industri 4.0 yang menuntut seorang Guru harus mempunyai kemampuan mengoperasikan IT sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Selanjutnya Hj. Sri Wiqoyati, M. Pd. Pengawas Madrasah di KKGRA I mengatakan, bahwa “Di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, guru harus kreatif menyajikan pembelajaran untuk anak RA. Karena saat ini belum diperkenankan melakukan pembelajaran secara tatap muka, sehingga e-Learning menjadi salah satu upaya untuk memastikan pebelajaran tetap berlangsung” tandasnya.

Pada Bimtek tersebut, peserta mandapatkan materi tentang Implementasi Kurikulum (KMA 792), Sosialisasi e-Learning Jenjang RA, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, Strategi Pembelajran Kreatif, Pembelajaran Abad 21 dengan Lose Part dan STEAM, Strategi Pengembangan bermain Anak dirumah, Strategi penilaaian perkembangan anak, stretegi pembelajaran kreatif, inovatif dalam mengoptimalkan perkembangan anak, dan strategi menjalin sinergitas guru dengan orang tua dalam pendampingan tumbuh kembang anak di rumah. Sebagai informasi, kegiatan virtual ini sangat bermanfaat dan berharap ada kegiatan sejenis untuk peningkatan kompetensi guru RA di Jawa Tengah.


Sumber : Muridan (Guru RA Darul Mubtadiin Purwodadi)

Editor     : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download