Site Loader

Wonogiri—Bertempat di MAN Wonogiri (30/10), Pada acara IHT “Pengembangan Mutu Pendidikan Madrasah”, hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. H. Ahmad Umar, MA, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri H. Cahyo sukmana, Kasubag TU H. Hariyadi, Kasi Penma H. Fauzi Rokhman Jauhari, Ketua Komite Madrasah, Pengawas MA Warno, S.Pd.,M.Pd, Kepala Madrasah Drs. Wiyana, M.Pd beserta serta seluruh jajaran guru dan karyawan MAN Wonogiri.

Ahmad Umar dalam pembinaanny menyampaikan pentingnya pengembangan mutu pendidikan madrasah. Beliau menegaskan bahwa, “Meningkatkan mutu madrasah adalah tangungjawab bersama seluruh insan di Kementerian Agama. Peningkatan mutu harus dilakukan selangkah demi selangkah, baik terkait pembelajaran maupun sarana prasarana sebagai pendukung kegiatan di madrasah”. lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa,”Kurikulum telah dibuat sebaik mungkin, harapannya dengan kurikulum tersebut anak-anak bahagia dalam menjalani proses pembelajaran. Guru-guru mengajar dengan penuh rasa bahagia, guru tidak lagi mengajar hanya sekedar mengejar target kurikulum sampai selesai, tapi penguatan kompetensi dan karakter anak itu lebih penting. Perkuat budaya baca, literasi, dan numerasi siswa madrasah tanpa meninggalkan amanah konstitusi yang terdapat dalam KMA 184/2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Madrasah. Dan pengawas madrasah harus mengawal pelaksanaan KMA tersebut di madrasah”,Jelasnya.

Ahmad Umar juga menambahkan upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah akan tercapai manakala; Pertama, pengembangan kurikulum yang berorientasi pada pembelajaran siswa (student centered). Strategi ini lebih mampu memberdayakan keaktifan belajar siswa. Kedua, pengelolaan kesiswaan berfokus pada pelayanan terhadap siswa agar mereka berhasil mengikuti proses pembelajaran dan sekaligus dapat memberi harapan pada stakeholder. Ketiga, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan untuk mendayagunakan pengelolaan yang efektif dan efisien guna mendapakan hasil yang optimal. Keempat, pengelolaan sarana dan prasarana mulai dari pengadakan, pemeliharaan, dan perbaikan hingga sampai pengembangan.

Pada sesi akhir Kepala Kantor Kemenag Kab. Wonogiri berpesan, “Dalam rangka mempersiapkan peserta didik dimasa sekarang dan yang akan datang perlu kiranya madrasah mengembangkan kurikulum terapan agar siswa siswi mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman dan tidak gagap kemajuan teknologi. Kemudian tentang pembelajaran tatap muka saat pandemi ini, diharapkan menunggu keputusan dari pemerintah setempat”. Semoga Pandemi Covid 19 cepat berlalu dan proses pembelajaran dapat berjalan normal kembali.


Sumber   : Warno, S.Pd.,M.Pd

Editor      : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download