Site Loader

Banjarnegara—Adalah Lilis Retno Fatmawati, lahir di Banjarnegara 7 Maret 1974, semenjak kecil hidup bersama keluarga yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia pendidikan. Ayah dan ibu Lilis begitu panggilan akrabnya, adalah guru Sekolah Dasar yang bertugas di wilayah Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Setelah menamatkan pendidikan di tingkat SMA pada tahun 1993, Lilis melanjutkan studi di D3 Sekretaris Universitas Jenderal Soedirman lulus pada tahun 1997, dan D2 PGTK Universitas Muhammadiyah Magelang  lulus pada tahun 2005. Program kelanjutan S1 PAI saya selesaikan pada tahun 2010 di Universitas Sains Al Qur’an di Wonosobo dengan gelar S.Pd.I.

Lilis mulai terjun di dunia pendidikan sebagai guru di BA ‘Aisyiyah Mandiraja Wetan pada tahun 2001. Sebagai seorang pendidik, Lilis harus menguasai berbagai teknik mengajar dan materi pembelajaran yang tepat, terutama bagi anak usia dini. Untuk membantu memberikan pemahaman yang mudah bagi anak, Lilis mencoba membuat inovasi alat dan media pembelajaran sederhana dari bahan-bahan sederhana yang ada dilingkungan sekitar. Banyak alat dan media pembelajaran hasil buah tangan kreatifitasnya. Dan berangkat dari kreatifitas mengembangkan media dan alat pembelajaran itulah yang mengantarkan Lilis meraih prestasi di berbagai kejuaraan.

Prinsip belajar sambil bermain benar-benar Lilis terapkan dalam proses belajar mengajar. Lilis juga senang mengkolaborasikan dengan kegiatan seni dalam berbagai bentuk. Bagi dia mengajar anak diusia dini dengan pola dan metode yang menyenangkan ibarat menyuguhkan syurga dihadapan anak. Dan hal itu membuat anak didik Lilis banyak meraih prestasi dan kejuaraan dalam bidang akademik dan non akademik.

Elaborasi Lilis dalam mengembangkan pembelajaran di BA ‘Aisyiyah Mandiraja Wetan membuahkan hasil. Dari penelusuran Tim Ruang Pengawas Madrasah Berbagi melalui WA, Lilis banyak menyabet kejuaraan pada even kompetisi guru. Rentetan kejuaraan yang dia sabet sebagai berikut;

  1. Juara 3 Lomba Kreativitas Guru RA Tingkat Kabupaten Tahun 2008
  2. Juara 2 Lomba Paduan Suara Mars IGRA Tingkat Kabupaten Tahun 2009
  3. Juara 1 Lomba Pidato Tingkat Kecamatan Tahun 2014
  4. Juara 1 Lomba Mencipta Alat Peraga Edukatif Sains Tingkat Kabupaten Tahun 2015
  5. Juara 1 Lomba Mencipta Alat Peraga Edukatif Sains Tingkat Provinsi Tahun 2015
  6. Juara 3 Lomba Mencipta Alat Peraga Edukatif Sains Tingkat Nasional Tahun 2015
  7. Juara 1 Lomba Drum Band Guru Tingkat Kabupaten Tahun 2016
  8. Juara 1 Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten tahun 2017
  9. Juara 1 Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2017
  10. Juara 3 Lomba Best Practice Tingkat Provinsi Tahun 2017
  11. Juara 3 Lomba Cipta Lagu Anak Islam Tingkat Provinsi Tahun 2017
  12. Juara 2 Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017
  13. Juara 3 Lomba Cipta Lagu Anak Islami IGRA Tingkat Kabupaten Tahun 2019

Disamping even lomba yang ia ikuti, Lilis tercatat juga aktif menulis buku. Buah karyanya “Buku Kegiatan Anak IGRA Kabupaten Banjarnegara” yang terbit sejak tahun 2018 s.d sekarang.

Dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai seorang pendidik, Lilis mempunyai prinsip bahwa prestasi tidak ada artinya apabila tidak memberikan manfaat dan kontribusi bagi anak didik. Sehingga Lilis pun terpacu untuk menjadikan anak-anak didiknya berprestasi pula. Beberapa prestasi anak didik yang berhasil diraih antara lain dalam bidang kesenian yaitu menjuarai Lomba Drum Band Tingkat Kabupaten dan Tingkat Eks Karesidenan Banyumas sebagai Juara Umum Tahun 2017 s.d 2018, Juara 2 Lomba Apresiasi Seni IGRA Tingkat Kabupaten (Operet Nabi Musa & Raja Fir’aun), Juara 2 Mewarnai dalam Lomba Apresiasi Seni IGRA Tingkat Kabupaten, dan masih banyak prestasi lainnya. Mudah-mudahan Lilis dapat selalu berkarya untuk menciptakan generasi yang berprestasi, Amiin.

Sumber    : Lilis Retno Fatmawati, S. Pd. I

Editor       : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download