Site Loader

Pati – Sutrisno lahir di Pati, tepatnya di desa Bumirejo, kecamatan Juwana kabupaten Pati. Berbekal Ijazah S1 yang ia peroleh dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) jurusan Pendidikan kimia, Sutrisno mengajar di MA THORIQOTUL ULUM Wedarijaksa, 7 KM dari tempat tinggalnya. Tahun 2007 merupakan tahun keberuntungan baginya, ia mendapat PROGRAM BEASISWA PASCA SARJANA dari KEMENAG, dua tahun ia menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung.

Selepas lulus pendidikan S2 semakin mengasahnya untuk berkreasi, banyak menciptakan karya-karya kreatif dan inovatif untuk menunjang proses belajar mengajar. Di antaranya mengaransemen ulang lagu-lagu dengan lirik kimia dan membuat berbagai macam alat peraga dari bahan daur ulang, sehingga pembelajaran kimia di kelasnya menjadi hidup dan menyenangkan. Media pembelajaran buatannya mendapat respon positif dari sesama guru kimia  di lingkungan Madrasah Aliyah bahkan SMA di sekitarnya. Kreasi pembuatan alat peraga inilah yang kelak mengantarkannya menjuarai berbagai macam lomba dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional.

Di tahun 2010 ia mengikuti lomba media pembelajaran tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh HAB Kemenag Pati dan berhasil memperoleh juara 1, kemudian di tahun 2013 ia pun memperoleh juara 1 dalam ajang lomba guru berprestasi tingkat MA yang juga diselenggarakan oleh Kemenag. Tidak hanya mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Kemenag, di tahun 2016 ia menyabet juara 3 pada loma MICROTEACHING guru Kimia SMA/SMK/MA se-Indonesia yang diselenggarakan oleh kampus UII Yogjakarta, dan puncaknya ditahun 2018 ia berhasil menyabet juara 2 kategori laboran dalam ajang lomba Anugrah Guru dan Tenega Kependidikan Madrasah, dengan kraesi unggulan membuat alat peraga bentuk molekul dari gotri laker bekas.

Media Pembelajaran Karya Sutrisno Guru “KINO”

Di tahun berikutnya tepatnya tahun 2019 ia berhasil memperoleh juara 3 kategori guru MA tingkat propinsi dalam ajang lomba GTK dengan membuat alat uji elektrolit fortable. Tidak berhenti sampai disitu ditahun 2020 di tengah – tengah pandemi covid  ini, ia memperoleh juara harapan 3 tingkat Proprinsi Jawa Tengah untuk lomba  KBM DARING secara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Semangat berkreasi tak menyurutkannya untuk tetap terus belajar memperkaya wawasan dengan mengikuti pelatihan – pelatihan di antaranya, Pelatihan Game Digital dengan Powerpoint, pelatihan Pembuatan Media berbasis Android, pelatihan Video Presentasi berbasis youtube, seminar online “Tips & Trick Pembelajaran online yang efektif & Efisien,Pelatihan Pembuatan Komik Digital. Selain tercatat sebagai peserta pelatihan, dia pun didapuk sebagai Trainer Diseminasi dari Microsoft Office 365 yang diselenggarakan  oleh MEC ditahun 2020.

Sumber : Sutrisno

Editor : Idi Joko Sudono

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download