Site Loader

Banjarnegara-Kaldah, M.Pd.I, lahir di Ciamis sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Bersama keluarga hijrah ke Kabupaten Tasikmalaya,   pendidikan terakhir yang ditempuh adalah SMAN 4 Tasikmalaya. Dengan berbekal ijazah SMA  merantau untuk bekerja di sebuah pabrik pembuatan tepung tapioka di Desa Badamita Kabupaten Banjarnegara. Di tengah kesibukan bekerja sebagai buruh pabrik saya sempatkan mengejar asa yang tertunda karena kendala biaya. Masih ingat betul bagaimana ia mengatur waktu antara mengajar-bekerja dan kuliah. Di pabrik ada 3 shif, jam 08.00 sd 16,00, jam 16.00 sd 23.00 dan 23.00 sd 08.00. Kaldah bernego dengan pabrik agar bisa mengambil bagian shif 3 terus jadi paginya wiyata siangnya kuliah malamnya kerja.

Melanjutkan pendidikan Diploma II di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) Tahun 2002,  kemudian Mendapat gelar sarjana diraih di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto (2008), sedangkan gelar Magister di Universitas Sultan Agung Semarang (2015). Mengawali status sebagai Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2005 sampai dengan sekarang dengan pengalaman bekerja di:

  1. MI Muhamamdiyah Sawalan Kalibening (2005-2006)
  2. MI Cokroaminoto 01 Badamita (2006-2017)
  3. MI Cokroaminoto 02 Badamita (20017-2018)
  4. MIN 4 Banjarnegara (2018 sd sekarang)

Menjadi guru kelas VI mempunyai tantangan sendiri karena dihadapkan pada ujian akhir kelas VI, tetapi tugas itu ia jalani dengan ikhlas dan tekun sehingga hasil tidak menghianati proses hal ini dapat dilihat dari keberhasilan yang diraih siswa-siswi dalam USBN yang selalu meraih peringkat atas di tingkat kecamatan maupun kabupaten selama 8 (delapan) tahun berturut-turut.

Keberhasilan dalam mengantarkan siswa-siswi dalam USBN membuat Kaldah sebagai guru kelas yang sering menjadi delegasi Kemenag untuk berpartisipasi yang berkaitan dengan pendidikan dan sekaligus mengikuti berbagai perlombaan,

Tercatat kegiatan dan prestasi yang pernah ia raih sebagai berukut:

  1. Fasilitator Daerah dalam Program USAID-PRIORITAS (2012-2017)
  2. Juara Harapan II Guru Berprestasi Tkt. Provinsi Jawa Tengah (2015)
  3. Juara I Lomba Kreatifitas Pembelajaran Seni Budaya kreatif yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Banjarnegara (2015)
  4. Peserta Teacher Super Camp 2017 yang diselenggarakan KPK
  5. Juara Harapan II Anugerah Konstitusi Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi (MK)
  6. Juara I Lomba GTK Tk. Provinsi Jawa Tengah (2019)
  7. Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan 2019 Tingkat Nasional untuk kategori guru MI.
  8.  Peserta Benchmarking ke Turki (2019)
  9. Tim Inti Kabupaten dalam program Madrasah Reform Realizing Education’s Promise and Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) (baru mulai)
  10. Ketua KKG Kecamatan.
Buku Karya Kaldah

Hasil karya keilmuan dan sastra yang telah diterbitkan antara lain;

  1. Buku Antologi puisi
  2. Buku Matematika mencari akar pangkat dua dengan Adu Panco.
  3. Media “JAPRO” untuk belajar IPS

“Prestasi presatsi yang diraih,  tidaklah mudah.  Perjalanan dan ketekunan belajar serta mengajar dengan sentuhan hati akhirnya mendapatkan buah hasil kerja keras sebagai pendidik. Kunci rahasia kesuksesan,  adalah “Semangat, kerja keras, ada kemauan, Insha Alloh man jadda wa jada”. demikian Kaldah menutup wawancara online bersama Idi Joko Sudono, Wakil Ketua Pokjwas Madrasah Jateng.

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download