Site Loader

Program Realizing Education’s Promise—Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) Tingkat Kab./Kota segera dimulai. Berdasarkan surat Dirjen Pendis Nomor: B-2433.1/Dt.I .I/PP.03/10/2020, tanggal 27 Oktober 2020 tentang Permohonan Pengajar Bimtek TIK, pelaksanaan Bimtek Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran berbasis elektronik) bagi Tim Inti Kabupaten/Kota (TIK) dilaksanakan dalam kurun waktu 2-20 November 2020. Dalam Juknis Bimtek, program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama. Program ini akan dilaksanakan untuk seluruh madrasah pada semua jenjang di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia secara bertahap mulai tahun 2020 hingga tahun 2024.

Ada 4 (empat) komponen kegiatan yang menjadi fokus dari program ini. Keempat komponen tersebut adalah: Komponen (1) Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah; Komponen (2) Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara sensus nasional;  Komponen (3) Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan Komponen (4) Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.

Salah satu dari 4 komponen kegiatan tersebut adalah Komponen (1) Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembiayaan dan kualitas belanja madrasah. Sistem e-RKAM ini memungkinkan terjadinya peningkatan efektivitas dan efisiensi pembelanjaan melalui sistem perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja di madrasah dan sekolah penerima BOS di bawah Kemenag yang memungkinkan madrasah dan satuan pendidikan keagamaan lainnya untuk merencanakan, menganggarkan, dan memonitor penggunaan dana dengan lebih efektif. Pemberian dana bantuan dimaksudkan untuk mendukung percepatan pencapaian SNP berdasarkan hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan penerapan e-RKAM.

Untuk mewujudkan pencapaian tersebut, Komponen 1 Proyek ini akan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Instrumen EDM dan eRKAM secara berjenjang mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan Madrasah. Sesuai surat permohonan pengajar dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng Nomor B-2433 .1/ Dt.I .I /PP.03/10/2020, Saat ini Provinsi Jawa Tengah akan memasuki fase Bimtek jenjang Kabupaten/Kota yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 2-20 November 2020, dengan menggunakan pola Virtual Meeting. Untuk efektifitas kegiatan Bimtek, wilayah Jawa Tengah terbagi dalam 5 (lima) rombongan belajar. Lima rombel tersebut adalah rombel (1) terdiri dari; Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Pekalongan (Kota), dan Semarang. Rombel (2); Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Purworejo, dan Wonosobo. Rombel (3); Demak, Kudus, Pati, dan Jepara. Rombel (4); Rembang, Temanggung, Grobogan, Blora, Sragen, Salatiga (Kota), Semarang (Kota), dan Wonogiri. Sedang Rombel (5); Surakarta (Kota), Sukoharjo, Magelang (Kota), Magelang, Boyolali, Karanganyar, dan Klaten. Rombel 1 dan dan 5 berada dalam Batch 1 pelaksanaan Bimtek tanggal 2-6 November 2020. Rombel 2 berada dalam Batch 2 pelaksanaan Bimtek tanggal  9-13 November 2020. Dan Rombel 3 dan 4 berada dalam Batch 3 pelaksanaan Bimtek tanggal 16-20 November 2020. Mudah-mudahan ikhtiar untuk mengembangkan madrasah menjadi madrasah yang hebat bermartabat serta mengglobal segera terwujud.


Penulis        : Suyanto

Editor          : Asikin

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download