Site Loader

Banjarnegara- Suprihatin, S.Pd.I, S.Pd.AUD, demikian nama lengkap perempuan yang lahir di Banjarnegara pada 23 Juli 1978. Guru tetap yayasan (GTY) RA Al Fatah 2 Danakerta Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini memiliki segudang prestasi baik di tingkat kecamatan, kabupatan sampai prestasi tingkat nasional telah diperolehnya.

Dalam pandangannya, pengabdian adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan dan kesetiaan, cinta, dan kasih sayang atau satu ikatan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Kualitas guru adalah bagaimana guru mengabdi, bagaimana cara guru mencintai profesinya. Ketika guru mencintai profesinya, maka pengabdiannya akan seluruhnya diberikan pada anak didiknya, akan dilakukan yang terbaik yang mampu dilakukan oleh guru tersebut. Tak mengenal lelah dan tempat guru mengabdi dengan tulus mencerdaskan anak bangsa.

“Tanggung jawab guru yang terpenting adalah merencanakan dan menuntun murid – murid melakukan kegiatan- kegiatan belajar untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan serta mengembangkan kurikulum sekolah. Selain itu tanggung jawab seorang guru yang dengan membina anak didik agar menjadi manusia berwatak (berkarakter). Mengembangkan watak dan kepribadiaan anak didik sehingga mereka memiliki kebiasaan, sikap dan cita-cita, berpikir dan berbuat, berani dan bertanggung jawab, ramah dan mau bekerjasama, bertindak atas dasar nilai-nilai moral yang tinggi”, demikian tuturnya dalam wawancara online bersama Wakil Ketua Pokjawas Madrasah Prov Jateng ketika dimintai pandangan tentang pengabdiannya sebagai guru.

Dari kesadaran itulah, ia mencapai puncak-puncak pengabdian dengan menelorkan berbagai prestasi dan karya. Tercatat tak kurang dari sepuluhan prestasi hebat antara lain;

  1. Juara II Lomba Mendongeng Tingkat Kecamatan Tahun 2010
  2. Juara II Lomba Kreativitas Guru RA Tingkat Kabupaten Tahun 2010
  3. Juara I Lomba Geguritan Tingkat Kecamatan Tahun 2012
  4. Juara I Lomba Geguritan Tingkat Kabupaten Tahun 2012
  5. Juara Harapan III Lomba Geguritan Tingkat Provinsi Tahun 2012
  6. Juara Harapan III Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat propinsi Jawa Tengah Tahun 2015
  7. Juara Harapan I Lomba Porseni Guru RA Kategori Cipta Media Sains untuk Anak RA 2015
  8. Juara I Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2016
  9. Juara I Kompetisi Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016
  10. “Anti-Corruption Teacher Supercamp Tahun 2017”
  11. Kegiatan studi visits dalam rangka Penghargaan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi Ke Luar Negeri di Finlandia pada tanggal 7 s.d 15 Desember 2017.
  12. Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 s.d sekarang

Prestasi terakhir itu membuktikan bahwa dirinya seorang Guru Pekerja Profesional, betapa tidak, ia yang dalam jabatannya sebagai Guru Tetap Yayasan, mampu masuk di posisi elit sebagai Asesor BAN PAUD, ini prestasi yang luar biasa.

Sebagian buku karya Bu Guru Suprehatin

Adapun karya keilmuan yang telah ia terbitkan antara lain; Buku Antologi Opini dan Puisi Guru Penggerak Integritas Tahun 2018, Tim Pengembang Kurikulum Kreatif  “Pengembangan Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Multiple Intelligence Bekarakter Aswaja” Tahun 2019Tim Penyusun Buku Kegiatan Anak IGRA Kabupaten Banjarnegara tahun 2018 s.d sekarang.

Apa yang ia raih itu tumbuh dari motivasi bahwa tugas seorang guru itu tidaklah mudah, selain harus memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi juga mesti memiliki kemampuan yang handal dibidangnya. Menjadi pendobrak inovasi melalui berbagai media pembelajaran yang nantinya akan diterapkan kepada para peserta didik, tentunya pembelajaran yang fleksibel tidak terkesan kaku dan monoton, oleh karena itu penulis terus berusaha untuk jadi yang terbaik, demikian imbuhnya. (Editor- Idi Joko Sudono, Wakil Ketua Pokjawas Madrasah Jateng)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download