Site Loader

Karanganyar- Amy, begitu panggilan dari seorang guru MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar ini. Nama lengkapnya adalah Amrih Rahayu, lulusan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta Jurusan Pendidikan IPS. Sebelum mengajar di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar, Amy juga pernah mengajar di MI Muhammadiyah Mayang Gatak  tahun 2008 sampai tahun 2014. Perempuan kelahiran 1 Maret 1990 ini sejak kecil memiliki banyak prestasi. Sejak SD sampai SMA, Amy selalu menduduki peringkat tiga besar di kelas. Saat sekolah di SMA Negeri 1 Kartasura, Amy berhasil menempati peringkat 2 hasil nilai Ujian Nasional se-Kabupaten Sukoharjo.

Kesuksesan itu berlanjut hingga saat ia bertugas mengajar di MI Muhammadiyah Mayang Gatak Sukoharjo, Amy berhasil mendampingi dan mengantarkan anak-anak didiknya menjuarai tak hanya dalam akademik tapi juga non akademik. Ia mengantarkan anak anak MIM meraih juara dalam Jambore Pramuka di Gatak Sukoharjo tahun 2009. serta berhasil membawa anak-anak didiknya meraih peringkat 1 rata-rata hasil Ujian Nasional tingkat Kabupaten Sukoharjo di tahun yang sama.

Bu Guru Amy ini juga sangat mencintai budaya. Kecintaan dan ketertarikannya pada budaya khususnya Budaya Jawa, membuatnya bisa membaca tulisan jawa, nembang macapat dan menulis geguritan (puisi jawa)  serta membuat sengkalan atau candra sengkala. Hobi ini membawanya meraih prestasi yang telah ditorehkannya sebagai Juara 2 lomba Nembang Macapat Tahun 2012 dalam rangka HUT PGRI di Sukoharjo.

Tahun 2014, Amy mutasi mengajar ke MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar. Walaupun telah pindah tempat mengajar, prestasinya tidak terhenti sampai di situ. Tahun 2015, Amy berhasil menyabet Juara 2 lomba menulis cerpen di media online, Juara 2 lomba menulis geguritan tahun 2018. Amy juga pernah mengikuti ajang bergengsi Anugerah Konstitusi Guru dari Mahkamah Konstitusi sebanyak dua kali yaitu tahun 2018 dan tahun 2019.

Dalam pengembangan dirinya, Amy banyak mengikuti pelatihan-pelatihan terkait dengan tugas keguruan dan IT yang menunjang profesinya sebagai seorang guru. Amy juga tercatat pernah mengikuti Virtual Coordinator Training, mengelola training berbasis online Revolusi Industri 4.0 dari SEAMEO yaitu Organisasi Ikatan Kementerian Pendidikan se-Asia Tenggara tahun 2019. Amy juga mengikuti Training of Trainer dari Microsoft tahun 2020. Amy juga masuk Grup IYSA Research Teachers Forum dan aktif di Kelompok Kerja Madrasah KKMI 2 Kabupaten Karanganyar. Selain itu Amy juga mengikuti pelatihan Ki Hajar TIK Talks Jambi dari Kemendikbud, Pelatihan ASEAN Teachers and Educators dari Australian Goverment and Monas University Using Online STEM Pedagogies to Enhance Your Teaching dan mengikuti berbagai Pelatihan dan Webinar dari Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama tahun 2020. Amy juga menjadi Trainer Diseminasi dari Microsoft tahun 2020.

Sebagian Buku Karya Amrih “AMY” Rahayu, Guru MI Muhammadiyah Bolon Karanganyar

Karya-karya yang telah ditorehkan oleh Bu Amy ini yaitu  telah menulis sebuah artikel yang dimuat di Jateng Pos tanggal 2 Maret 2018 yang berjudul “Gambuh Nasihat yang Terlupakan”, kemudian Amy ikut menulis buku Moderasi Beragama jilid 3 bersama teman-teman penulis moderasi yang diterbitkan oleh Azkiya Publising. Amy juga ikut menulis Kumpulan Puisi Keniscayaan Sebuah Perubahan Karya 100 Guru Se-Nusantara yang diterbitkan oleh Multimedia Edukasi tahun 2020. Amy juga terlibat dalam menulis buku Puisi Untuk Mas Menteri Karya Guru Se-Indonesia yang diterbitkan oleh Pendidik Indonesia Pelopor Perubahan Tahun 2020. Saat ini Bu Guru ini masih menyelesaikan 2 Bukunya, 1 buku Antologi Puisi “Semua Tentang Rindu” dan 1 Buku lagi yang berjudul “Aku Bangga Jadi Guru Honorer”. (Editor-Idi Joko Sudono-Wakil Ketua Pokjawasmad Jateng)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download