Site Loader

Batang—Bu Endon begitu panggilan dikalangan profesional guru di Batang. Nama lengkap dari guru yang satu ini Endon Nurcahyati lahir di Banjarnegara, 1 Juni 1978. Setelah lulus dari UNNES Semarang, Endon mengabdikan diri sebagai guru di madrasah swasta di Kabupaten Batang. Menjadi PNS tahun 2007 di MA NU 01 Banyuputih, merupakan pengabdian yang penuh tantangan. Endon pernah mengikuti kompetisi Guru berprestasi tahun 2015, tetapi saat itu belum beruntung karena hanya mencapai Juara Harapan 2 Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Berawal dari kompetisi yang diikuti, Endon menjadi sosok yang penuh inspiratif dan inovatif. Sederet pengalaman telah ia lalui melalui ide cemerlangnya. Endon banyak menelurkan karya inovatif berupa media pembelajaran yang unik dan menyenangkan, diantaranya; cari jodoh card game (2017), komunikata ekonomi (2018), media pensil putar game (2019), ludo ekoin game (2020), warso warsa game (2020), dan masih banyak karya inovatif yang lain. Prinsip Endon membuat siswa merasa senang dalam belajar adalah segalanya. Dan untuk membuat siswa senang merupakan tantangan bagi guru madrasah, sehingga guru harus berinovasi dan dinamis dalam melakukan kreasi pembelajaran.

Disamping kreatifitas dalam pembelajaran, Endon juga aktif mengembangkan keprofesian berkelanjutan dalam bentuk publikasi ilmiah. Banyak karya ilmiah yang sudah diterbitkan oleh media massa dan penerbit ber-ISBN. Diantaranya; Menghentikan Label Buruk pada Anak (Jawa Pos Radar semarang, 2017), Guru Menulis, Cermin Budaya Kaum Literat (Jawa Pos Radar semarang, 2018), Case Study Ajarkan Pendidikan Antikorupsi Siswa (Jawa Pos Radar semarang, 2019), Roda Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang  (Jawa Pos Radar semarang, 2019), Kelas Zero Paper, Mengapa Tidak? (Jateng Pos, 2018), Hypnoteaching, Stop! Bentuk Karakter Kekerasan Siswa (Jateng Pos, 2018), Siswa Zaman Now ke Zaman Old Mungkinkah? (Jateng Pos, 2018), Sway optimalisasi Distance Learning (Jawa Pos Radar semarang, 2020) dan masih banyak karya ilmiah Endon yang lain. Sedangkan buku yang tulis Endon, diantaranya; Komunikata Ekonomi (Media Guru, 2018), dan Jejak KPIG (Media Guru, 2019).

Srikandi muda ini juga sangat aktif dalam kegiatan pengembangan diri baik kegiatan kediklatan, workshop, dan seminar yang diselenggarakan Kemenag RI, Puspendik Jakarta, Kanwil Kemenag Prov. Jateng, BDK Semarang, AGEI Jateng, AGTIFINDO (Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia) dan lain sebagainya. Berpengalaman di berbagai macam jenis kediklatan seperti diklat model-model pembelajaran, diklat inovasi pembelajaran, diklat publikasi ilmiah, diklat penulisan buku, diklat penulisan artikel, dan diklat pemanfaatan TIK.  Endon juga berperan aktif dalam penyusunan soal Ujian Nasional yang diselenggarakan Puspendik Jakarta. Keterlibatan Endon dalam berbagai kegiatan pengembangan diri membuat sosok Srikandi muda ini semakin matang dalam berfikir dan berkreasi, serta menjadi inspirasi guru lainnya. Belum puas terhadap hasil ia raih, Endon bertekad akan tetap dinamis dan mengibarkan sayap kreatifitasnya sehingga mampu berperan dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat.


Sumber         : Endon Nurcahyati

Editor             : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download