Site Loader

Purbalingga—Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 4 Tahunan atas kinerja Drs.H.Moh. Alwi, M.Pd.I, Bertempat di Aula MAN Purbalingga (26-27 Oktober 2020) Penilaian Kinerja Kepala MAN Purbalingga mendasarkan pada prosedur dan perangkat penilaian sebagaimana diatur dalam keputusan Ditjen Pendidikan Islam Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar. Efektivitas penilaian kinerja ditentukan dengan mengukur keberhasilan dalam mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program.

Indikator-indikator fersebut dikembangkan dalam pelaksanaan tugas kepala madrasah dalam 5 (lima) unsur utama, yaitu:

(1) usaha pengembangan madrasah,

(2) pelaksanaan tugas manajerial,

(3) pengembangan kewirausahaan,

(4) pelaksanaan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan

(5) hasil kinerja kepala madrasah.

Penilaian kinerja kepala madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara komulatif setiap empat tahun. Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas madrasah, sedangkan penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh tim penilai. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang.

Penilaian dilakukan oleh Tim PKKM yang terdiri dari Bapak Agus Mahasin, Kepala Seksi GTK  Pendidikan Madrasah selaku ketua Tim. Anggota Tim Penilai PKK dari Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Banyumas, Sudiono, S.Pd.I.,M.Pd.I Dari unsur pengawas Suratmo, S.Pd.,M.Pd  dan Sodikin,S.Ag. Dari unsur komite madrasah  yang bertindak sebagai anggota tim penilai adalah Tupono dan Sartono. Dari unsur guru Tri To’in Asngad dan Sokadi, sedangkan dari unsur Tendik Muardhi  dan Susy Pujiastuti.

Dalam sambutan pengarahannya, H. Juair, selaku ketua Tim PKKM mengatakan, “ Tujuan penilaian kinerja kepala rnadrasah adalah sebagai berikut:

  1. Menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi kepala madrasah.
  2. Menjaring informasi sebagai bahan pcngambilan keputusan dalam menetapkan efektifitas kinerja dan pertirnbangan untuk pcnugasan kepala madrasah.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja kepala madrasah.
  4. Menjamin objektivitas pembinaan kepala rnadrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah.
  5. Menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya.
  6. Manfaat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Adapun manfaat yang diperoleh dari penilaian kinerja kepala madarah adalah sebagai berikut:

  1. Kepala madrasah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan berdasarkan hasil nilai kinerjanya.
  2. Kepala madrasah menjadikan hasil penilaian kinerja sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya.
  3. Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi dan/atau Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dapat menggunakan hasil penilaian kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk menghimpun informasi, menentukan kebutuhan peningkatan kornpetensi, data profil kinerja kepala madrasah, dan bahan pertimbangan penugasan kepala madrasah sesuai kewenangannya.
  4. Yayasan/lembaga penyelenggara pendidikan dapat menggunakan hasil pcnilaian kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk menghimpun inforrnasi, menentukan kebutuhan peningkatan kompetensi, data profil kinerja kepala madrasah, dan bahan pertimbangan penugasan kcpala madrasah di yayasan/lembaga tersebut.
  5. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah memperoleh data dan pemetaan Inutu kinerja kepala madrasah secara nasional.

Pelaksanaan PKKM berjalan dengan lancer  mengakhiri acara pelaksanaan PKKM Kepala Kantor Kemenetrian Agama Kabupaten Purbalingga mengatakan “ Sebaiknya PKKM juga dilaksanakan bukan hanya Kepala Madrasah Negeri saja akan tetapi juga untuk Kepala Madrasah yang ada di swasta. (Kontributor; Suratmo Purbalingga-Editor Idi Joko Sudono)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download