Site Loader

Banyumas— Bertempat di Aula MTsN 2 Banyumas (26-27/10) dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 4 Tahunan atas kinerja Mathori, S.Pd, M.M. Penilaian Kinerja Kepala MTsN 2 Banyumas mendasarkan pada prosedur dan perangkat penilaian sebagaimana diatur dalam keputusan Ditjen Pendidikan Islam Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ini merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian yang terdiri dari usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala madrasah. Penilaian dilakukan oleh Tim PKKM yang terdiri dari H. Juair, S. Ag, M.M, M.Si, Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan pada Bidang Pendidikan Madrasah selaku ketua Tim. Anggota Tim Penilai PKK dari Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Banyumas, H. Edi Sungkowo M.Pd. Dari unsur pengawas Nurul Hidayah S.Ag dan Amin Yuhdi S.pd. M.Pd.I. Dari unsur komite madrasah  yang bertindak sebagai anggota tim penilai aadalah Muhadik dan Dalail. Dari unsur guru Tri Hidayat dan Suharto, sedangkan dari unsur Tendik Muhiroh dan Aris Munandar.

Dalam sambutan pengarahannya, H. Juair, selaku ketua Tim PKKM mengatakan, “madrasah harus berani berkompetisi dengan madrasah lain. Oleh karenanya harus ada kemauan dan kerja keras dari seluruh stakeholders madrasah. Semua pihak, mulai dari kepala madrasah, komite, guru, tenaga kependidikan serta peserta didik dituntut terus menerus melatih diri, berani berkompetisi dan berinovasi. Kepala madrasah harus memberi contoh, menguasi IT, berprestasi serta mampu mendorong guru , tenaga kependidikan dan peserta didik untuk berkompetisi dan berprestasi dalam kinerjanya,” lanjut H. Juair.

Kegiatan PKKM MTsN 2 Banyumas diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan laagu Indonesia Raya serta mars Madrasah, disusul paparan profil madrasah oleh kamad dan di akhiri dengan doa.  Acara inti penilaian dipimpin langsung oleh H. Juair satu persatu petugas penyaji data dari awal sampai akhir di tunjukan dengan data-data yang dimiliki dibutuhkan.

Pelaksanaan PKKM berjalan dengan lancar, karena dukungan dari tim work guru dan tenaga kependidikan madrasah yang solid, lincah, dan energik. Energi positip tersebut, diharapkan mengantarakan MTsN 2 Banyumas menjadi madrasah yang bermutu, berprestasi, hebat dan bermartabat. Amin.


Sumber : Amin Zuhdi-Pengawas Madrasah
Editor    : Suyanto
Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download