Site Loader

Sragen—Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periodisasi tahunan (setiap tahun sekali) dan secara komulatif setiap empat tahun.

Pelaksananaan PKKM di MTsN 6 Sragen Senin (26-27/10) menggunakan prosedur dan perangkat penilaian sebagaimana diatur dalam keputusan, Ditjen Pendidikan Islam Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi : usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala madrasah.

Penilaian Kinerja Kepala Maadrasah (PKKM) 4 Tahunan di MTsN 6 Sragen dilaksanakan oleh Tim PKKM dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah terdiri dari H. Ahmad Farid, Kasi Sarpras Bidang Pendidikan Kanwil Kemenag Prov. Jateng selaku ketua Tim. Penilai dari unsur Pengawas Madrasah adalah Pasmin dan Amri.

Pelaksanaan PKKM diawali dengan rapat tim penilai untuk menentukan kesamaan persepsi terhadap indikator penilaian dan skoring. Hasil PKKM selanjutnya merupakan salah satu indikator dalam menentukan promosi dan peningkatan karir Kepala Madrasah serta bentuk penghargaan kinerja lainnya.

Penilaian berjalan dengan lancar sampai berakhirnya kegiatan. Ketua Tim Ahmad Farid, sangat mengapresiasi kelengkapan berkas yang disiapkan oleh madrasah. “Saya mengapresiasi sekali atas kekompakan kinerja madrasah, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM, semoga kinerja tahun ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi”. Ucapnya. Dalam sambutan akhirnya, ketua Tim PKKM mengingatkan agar Kepala MTsN 6 Sragen selalu berusaha lebih baik dalam mengadministrasikan pelaksanaan tusinya, termasuk administrasi layanan terhadap peserta didik.

Secara terpisah, Selasa (27/10) juga dilaksanakan dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahunan di MAN 2 Sragen. Tim penilai PKKM Tahunan dari unsur Pengawas adalah Agus Nurrohman dan Amin Sarwati. Tim PKKM Tahunan melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data yang dikerjakan Kepala MAN 2 Sragen pada setiap indikator untuk pemenuhan standar sama persis penilaian 4 tahunan.


Sumber            : Pasmin-Pengawas Madrasah Kab. Sragen

Editor               : Suyanto

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download