Site Loader

(Drs. H. Sulaiman, M. Pd.)

Pada rangkaian Upacara Hari Santri, Kamis, 22 Oktober 2020 jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali menyelenggarakan upacara virtual di Aula setempat. Berdasar edaran Kemenag RI No. 45 Tahun 2020, bahwa upacara bendera Peringatan Hari Santri 2020 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2020. Tema yang diusung adalah “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Kegiatan upacara di Aula Kemenag Kabupaten Boyolali diikuti oleh Kepala, Kasubag TU, Para Kasi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Pengawas Madrasah dan PAIS, Penyuluh Agama Islam, Gara Katholik, serta para pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Di samping di Aula Kemenag, upacara juga dilaksanakan di satker-satker negeri baik di MIN, MTsN, dan MAN, serta madrasah swasta dan pondok pesantren di kabupaten Boyolali secara virtual.

Suasana peringatan tahun ini terasa berbeda dari tahun lalu, karena masih diliputi pandemi covid 19. Prosesi kehadiran pesertapun berbeda, peserta diwajibkan cek suhu tubuh, memakai masker, dan tetap menjaga social distancing. Walaupun demikian antusiasme peserta sungguh luar biasa. Hal ini ditunjukkan dengan kesiapan peserta upacara yang sudah hadir di Aula setempat sejak pukul 07.00 WIB.

Selama pelaksanaan upacara, peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara hikmad. Mulai awal upacara, inspektur upacara memasuki tempat  upacara, penghormatan kepada inspektur upacara, Pengibaran serta Penghormatan Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, diikuti layaknya upacara secara langsung. Mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila, pembacaan Ikrar Santri, amanat Inspektur Upacara serta doa pun diikuti dengan tertib. Catatan terpenting upacara Hari Santri 2020 adalah Inspektur Upacara menyampaikan tema yang menjadi landasan kegiatan peringatan Hari Santri Tahun 2020 “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Setelah kegiatan upacara secara nasional selesai, peringatan dilanjutkan dengan acara dzikir dan doa bersama serta pembinaan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali Drs. H. Fahrudin, M. Ag. Dalam sambutannya Kepala Kantor menekankan pentingnya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ASN di lingkungan Kemenag kab.  Boyolali di era revolusi industri 4.0, serta mempersiapkan diri menyongsong revolusi industri 5.0. Penekanan diarahkan pada perbaikan kinerja serta penguasaan IT dengan berbagai menu aplikasi guna memperlancar tugas ASN. Selesai pembinaan, kegiatan ditutup dengan doa dipimpin oleh Drs. H. Asikin, M. Ag Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Kabupaten Boyolali. (editor-Suyanto Sekretaris Pokjawasmad Jateng).

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download