Site Loader

Akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan sekolah/madrasah, upaya untuk memastikan terselenggaranya pendidikan.Akreditasi memiliki tujuan  memberikan informasi kelayakan sekolah/madrasah berdasarkan SNP.

Akreditasi sekolah/madrasah diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.Akreditasi tahun ini berbeda dengan pelaksanaan akreditasi tahun tahun sebelumnya. Pada tahun ini akreditasi menggunakan instrumen baru yang disebut IASP 2020.

Demikian dikatakan Suraya, pengawas MTs Kemenag Kota Semarang saat melakukan pendampingan dan pembimbingan persiapan akreditasi di MTs Miftahussa’adah  kecamatan Mijen, Selasa (20/10).

Menurutnya, pelaksanaan akreditasi kali ini yang dinilai adalah performance guru sebagai person dalam kinerja, menyangkut 8 Standar Nasional Pendidikan yang terangkum dalam 4 komponen yaitu komponen Mutu Lulusan, komponen Proses Pembelajaran, Komponen Mutu Guru dan Komponen Managemen Sekolah.

MTs Miftahussa’adah merupakan salah satu madrasah yang dijadikan sebagai piloting akreditasi IASP 2020.”Kami harus bisa menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan visitasi nanti, “kata Safi’i kepala MTs Miftahussa’adah.”Dengan bimbingan ibu pengawas insaallah kami siap diakreditasi tahun ini” tambahnya.

Dikatakan Suraya, “Pembimbingan dan pendampingan yang dilakukan dimaksudkan pula untuk menghimpun informasi sejauhmana kesiapan madrasah dalam menghadapi akreditasi sebagai bahan pembimbingan berikutnya.Serta menetapkan efektifitas kinerja guru dan kepala madrasah . Selain itu juga dijadikan sebagai dasar penyusunan program pembimbingan dan pelatihan profesionalitas guru dan kamad,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, pengawas juga  melakukan croscek bukti fisik, telaah dokumen dan wawncara dengan guru, kamad, dan yayasan.Kemudian melakukan cek langsung ruang kelas yang akan digunakan sebagai tempat visitasi daring.Hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan daring seperti laptop/komputer, LCD, Layar, sonsistem,serta penataan ruangan.             Adapun kegiatan pembimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh pengawas MTs dalam kesempatan itu diantaranya  menelaah satu persatu butir yang ada pada IASP yang digunakan dalam Ujicoba akreditasi bersama guru dalam team sukses akreditasi di MTs Miftahussa’adah.”Dengan menelaah butir IASP ini guru dapat menyiapkan diri dalam mengahadapi akreditasi kali ini dengan harapan bisa terakreditasi sangat baik naik setingkat lebih tinggi dari predikat akreditasi sebelumnya”, ungkap Suraya saat memberikan pembimbingan terhadap guru dan kamad di MTs Darussa’adah. (editor-IJ-Pokjawasmad Jateng)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download