Site Loader

Drs. H. Idi Joko Sudono, M. SI

Sabtu, 17 Oktober 2020 menjadi hari yang membutuhkan energi dan stamina tinggi bagi pengawas madrasah. Sejak pagi semua pengawas madrasah sudah siap di tempat tugas untuk memantau kegiatan uji coba pelaksanaan asesmen kompetensi bagi pengawas, kepala, dan guru madrasah. Uji coba dilaksanakan di 5 (lima) titik yaitu; MAN 1 Semarang (terdaftar 357 peserta), MAN 2 Semarang (terdaftar 256 peserta), MTs N (223 pendaftar, MTs NU Ungaran (395 pendaftar) dan di MTs Al Uswah Bergas (129 peserta pendaftar).

Pada waktu yang sama, guru-guru MI se-Kab. Semarang mengikuti kegiatan Bimtek implementasi kurikulum sesuai KMA 183 dan 184 mata pelajaran Akidah-akhlak secara online selama 2 hari Jumat sd. Sabtu, 16-17 Oktober 2020 yang bertempat di masing-masing kecamatan. Bimtek tersebut merupakan kegiatan yang diprakarsai Direktorat KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI secara serentak di seluruh wilayah nusantara.

“Selamat kepada semua pengawas, kepala, dan guru madrasah yang telah melaksanakan tugas di berbagai tempat kegiatan dengan baik dan penuh semangat, mudah-mudahan kegiatan ini melahirkan generasi baru untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat”, demikian  apresiasi positif lewat pesan singkat di WAG dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Semarang Drs. H. Saefudin, M.Pd. Pada kesempatan yang terpisah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. M. Solichin, M. SI, berharap agar semua pengawas madrasah mendukung dan sekaligus memantau 2 kegiatan yang dilaksanakan bersamaan, sehingga even simulasi AKG dan Bimtek kurikulum dapat berjalan lancar dan sukses. AKG dan Bimtek merupakan momentum yang baik untuk pengembangan madrasah. Satu sisi AKG merupakan salah satu instrument untuk menggali dan mengidentifikasi kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan pengembangan. Di sisi yang lain bimtek merupakan even mengembangkan kompetensi pedagogik guru. Sehingga ke 2 kegiatan perlu didukung oleh komponen yang membidangi pendidikan.

Pelaksanaan uji coba AKG lebih terkonsentrasi pada kegiatan teknis kesiapan aplikasi dan infrastruktur yang ada. Harapannya pada pelaksanaan tidak terjadi kendala baik untuk sistem jaringan maupun infrastruktur perangkat komputernya. Idi Joko Sudono selaku Ketua Pokjawas Madrasah Kab. Semarang menyampaikan rasa syukur, karena secara umum kegiatan simulasi dan bimtek berjalan baik tanpa kendala. Dalam rapat evaluasi kegiatan pengawasan pada Sabtu siang di RM Cikal Gading Tuntang, beliau merangkum beberapa catatan saat pelaksanaan bimtek, antara lain pelaksanaan yang full daring dengan durasi waktu pagi sampai sore yang tentunya sangat melelahkan peserta bimtek. Antisipasi dari kegiatan itu beliau selalu mengingatkan kepada semua pengawas madrasah sejak kegiatan hari pertama agar selalu mencari informasi kondisi pelaksanaan kalau perlu menunggui pelaksanaan bimtek. Jika ada peserta yang kurang sehat disarankan untuk tidak mengikuti kegiatan karena saat ini kita sedang berperang melawan Covid 19. Mudah-mudahan ikhtiar seluruh komponen di Kankemenag Kab. Semarang mendapatkan ridla Allah dan kualitas pendidikan madrasah semakin meningkat. (editor-Sekretaris Pokjawasmad Jateng)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

One Reply to “Generasi Baru Madrasah Yang Hebat Bermartabat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download