Site Loader

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Kondisi guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah yang berbeda mengakibatkan timbulnya kendala dalam penguasaan kompetensi yang telah disyaratkan. Untuk mensikapi kondisi tersebut, maka Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan mengukur profesional guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah secara akademis dan non akademis.

Untuk memperoleh informasi tentang pemetaan dan penyebaran kompetensi guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah, maka akan diselenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK), dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP). Asesmen ini akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 6 Nopember 2020 secara online serentak se-Indonesia.

Sesuai dengan SK Dirjend Pendis Nomor 4446 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Asesmen Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah, maka Kelompok Kerja Pengawas Kemenag Temanggung menyambut dengan antusias asesmen yang akan diikuti oleh 15 orang pengawas madrasah. Salah satu upaya yang ditempuh pengawas madrasah Kantor Kemenag Temanggung dalam menghadapi asesmen ini adalah dengan membedah kisi-kisi materi Asesmen Kompetensi Pengawas. Di tengah kesibukan para pengawas madrasah, kegiatan ini dilakukan secara bertahap yaitu pada tanggal 12 dan 14 Oktober 2020, di kantor Pokjawas Temanggung.

Narasumber kegiatan memanfaatkan pengawas madrasah di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Temanggung, diantaranya : Drs. Nur Makhsun, M. SI, Hery Setyowibowo, M. SI, Dra. Anik Yuliani, M. Pd,  Sri Yatun, M. SI, dan Nur Khumailah, M. Pd. Materi yang dikaji tentang Kompetensi Supervisi Manajerial dan suplemennya berupa program serta laporan pengawasan. Selanjutnya materi Kompetensi Penelitian dan Pengembangan yang mengulas tentang seluk beluk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) serta materi Kompetensi Evaluasi Pendidikan.

Harapannya dengan kegiatan bedah kisi-kisi materi AKP ini, 15 pengawas madrasah di Kemenag Temanggung yang akan mengikuti asesmen lebih bersiap diri. Meskipun dalam asesmen nanti tidak ada kata lulus atau tidak lulus. Hasil asesmen akan dijadikan dasar untuk mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan kategori mahir, terampil, cakap, dan berkembang. (Sriyatun-Pengawas Madrasah Temanggung)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

2 Replies to “KIPRAH PENGAWAS MADRASAH TEMANGGUNG SAMBUT AKPM”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download