Site Loader

Kementerian Agama melalui Direktorat GTK Mandrasah Dirjen Pendis menyelenggarakan Pelatihan Master Trainer (Pengawas Madrasah dalam PPKB Madrasah) tanggal 13 sd. 16 Oktober 2020 di Hotel Fame Tangerang Banten. Peserta diikuti oleh Pengawas Madrasah di Indonesia yang nanti akan dipersiapkan menjadi Master Trainer di wilayah Provinsi masing-masing.

Pada sambutannya Direktur GTK Muhammad Zain menyampaikan bahwa untuk membangun madrasah yang lebih hebat perlu di ikuti pengembangan SDM yang hebat. Berbicara di Madrasah ada triangle atau segitiga emas yang harus dibangun sinergitasnya yaitu Guru, Kepala Madrasah, dan Pengawas Madrasah.  Tiga segitiga itu kalau kuat maka pengembangan madrasah akan semakin cepat.

Lebih lanjut beliau menyampaikan saat ini madrasah sudah mengalami pengembangan yang cukup pesat. Hadirnya Madrasah Model, MAN Insan Cendikia, dan Madrasah-madrasah unggulan dengan berbasis keunggulan daerah mewarnai hiruk pikuknya pengembangan madrasah.  Untuk itu beliau berpesan kepada para Master Trainer untuk senantiasa membangun tiga pilar madrasah di wilayah masing-masing dan melaksanakan seluruh regulasi tentang pendidikan dengan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan yang sama beliau juga berpesan bahwa saat ini guru sedang galau tentang penerimaan Tukin, bantuan GBNS, insentif, dsb. Beliau sampaikan bahwa untuk membangun madrasah bukan hanya sebatas insentif yang diterima, walaupun hal itu memang sangat lumrah. Tapi mengelola dan mengembangkan madrasah haruslah dengan ikhlas dan berusaha meningkatkan kompetensinya insyaallah akan lebih berkah. Cukuplah para pengambil kebijakan yang memikirkan nasib dan kesejahteraan guru. Kemudian secara tersirat beliau menyampaikan bahwa hasil tidak akan mengingkari proses.

Semoga Madrasah berkembang dan menjadi Madrasah yang hebat bermartabat dan mengglobal.  (Suyanto-Sekretaris)

Bagikan Kepada Teman

Post Author: Humas Pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download