Site Loader

Semenjak diberlakukannya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama dan Bahasa Arab di madrasah, Kementerian Agama mengadakan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) terkait Implementasi Kurikulum sesuai KMA Nomor 183 dan 184 serta E-Learning di Madrasah.

Reportase kegiatan Supervisi Bimtek Implementasi Kurikulum dan Implementasi E-Learning di madrasah untuk Kepala Madrasah & Pengawas Wilayah Banten, Jabar, Jateng, Jatim, DIY & Bali

Terkait hal tersebut Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta mengadakan kegiatan berlangsung di MAN 1 Surakarta pada rabu dan kamis (7-8 /10/2020). Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) serentak melalui zoom untuk zona Banten, Jabar, Jateng, Jatim, DIY dan Bali. Kegiatan diikuti oleh Kepala-kepala Madrasah dari jenjang RA, MI, MTs dan MA baik negeri / swasta dan pengawas di lingkungan Kantor Kemenag Kota Surakarta.

Dalam sambutan pembukaannya, Ahmad Umar selaku Direktur KSKK menyatakan bahwa Indonesia masih ketinggalan dengan negara tetangga. Perubahan harus seirama antara perkembangan fisik dan semangat membangun peradaban. Sebelum adanya sertifikasi, ada tuntutan adanya tunjangan sertifikasi bagi guru dan tenaga kependidikan. Kemudian pemerintah mengakomodir dengan memberikan sertifikasi bagi guru, kepala madrasah dan pengawas . Namun saat ini kita belum menikmati hasil dari ikhtiar tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa posisi PISA Indonesia masih sangat jauh dari negara-negara tetangga. PISA adalah sistem penilaian secara internasional yang menitikberatkan pada kemampuan anak dalam bidang literasi membaca, literasu matematika dan literasi bidang sains. Sehingga harus ada upaya yang keras agar pendidikan Indonesia lebih maju.

Bagikan Kepada Teman

Post Author: pokjawasmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top Download